Sambung Baru PLN Super Cepat, 1x24 Jam Terpasang!

Ini baru namanya cespleng


Pasang baru PLN untuk daya 2.200 watt di rumah kami, tak perlu berhari-hari apalagi sampai berbulan-bulan. Konyol namanya. Contoh dong pelayanan di Palembang, cuma dalam waktu 1x24 jam sejak menghubungi teknisi PLN, listrik pun terpasang. 



Cara mengurus sambung listrik baru
Cara mengurus sambung listrik baru

Jadi ceritanya, Senin (5/10/2020), sekitar pukul 10.00 WIB mendatangi kantor PLN yang berada di Simpang Dogan Palembang bersama isteri dan Fathir. 


Tiba di kantor tersebut, saat hendak masuk ke bagian pendaftaran, langsung disamperi oleh satpam yang bertugas. Karena loketnya sepertinya penuh, mungkin untuk menghindari kerumunan di masa pandemi Covid-19 ini. 


Kami langsung dipertemukan dengan Bapak xxxxx - sebut saja namanya Mawar. 


Ah bukan ini kan sebapak laki-laki. Bagaimana kalo Mr X ? Emangnya penemuan mayat tanpa identitas. Jadi apa ya.. Bagaimana kalo kita sebut saja Pak Kumbang. 


Kami diajak ke salah satu ruangan, sepertinya ruangan teknisi. Dan seperti lagu Iwan Fals, "Tawar menawar, harga pas tancap gas!". Di ruangan itu, sebagai orang Indonesia, kami melakukan tawar-menawar. 


Oleh Sang Bapak Kumbang dijanjikan besok,Selasa (6/10) paling lambat sore akan segera dipasang. "Tapi jangan ndak jadi, kayak kemarin ada yang membatalkan padahal aku sudah keluar biaya registrasi," ujarnya. Aku mangut-mangut. Peduli amat..


Lantas ia membuka penawaran harga di angka Rp 2,9 juta. Buset, tinggi amat Pak? 


Karena sudah survey tarif resminya, seperti yang tertera di website PLN yang hanya Rp 2,2 juta. Sudah termasuk SLO, pulsa token 50 ribu, dan tarif dasanya Rp.2.080.000 dan juga ada teknisi rekanan PLN dekat rumah yang menawarkan sebesar Rp 2,6 juta, maka kami pun pede menawar Rp 2,6 juta saja. (Lagipula di rekening cuma ada uang Rp.2.626.000 saja - itupun pinjaman dari ortu)


Biaya pasang listrik baru
Sumber : harga.web.id

Biaya sambungan PLN
Simulasi kompenen biaya resmi via situs resmi pln

Dan deal!


Tapiiii, belajar dari pengalaman sebelumnya, kami tidak ingin memberikan uang semuanya langsung. Perjanjiannya, 'uang resmi' biar saya transfer sendirit, sisanya akan saya transfer ke rekening Pak Kumbang. 


Jam 16.00 sore di hari yang sama, Pak Bambang kirim nomor registrasi. Besanya biaya yang harus saya setor ke kas negara sebesar Rp.2.078.000. Segera saya transfer via Indomaret. Kemudian, bukti struk saya kirim kembali ke nomor WA Pak Kumbang.


Sementara, mau transfer ke rekening Pak Bambang gagal. Dua kali gagal. Dan baru berhasil keesokan pagi.


Selasa (6/10) jam 12.00, masuk telpon dari Pak Omego (sebut saja begitu) yang mengaku teknisi PLN, sudah berada di depan rumah. Isteri pun bergegas datang ke lokasi. Dan tak sampai satu jam listrik di rumah kami pun menyala..


Biaya sambung PLN
Pasang baru listrik PLN


Tapiiii, ada dua catatan yang saya kurang sreg terkait pemasangan daya baru ini. Token listrik cuma terisi 10 kWH dan tidak dikasih sekring dalam. Oya satu lagi, masih dimintai materi Rp.6.000 satu biji pulak. Padahal kemarin dia bilang seluruh biaya sudah termasuk biaya Sertifikat Laik Operasi (SLO), biaya survei, token listrik - termasuk biaya materai. 


Itu saja sih..


Nah, sebagai penutup - boleh juga disebut sebagai kesimpulan ataupun tips. Jadi jelas kan ya, biar bisa dipasang sambung baru PLN cepat, ini strateginya : 

  1. Siapkan : UANG! 
  2. Jangan lewat loket, tapi langsung dengan teknisi kenalan. Biar cepat saja, nggak ribet - nggak bertele-tele. Sekalian buat memenuhi hukum dasar ekonomi soal supply and demand. Kita butuh waktu, mereka butuh uang
  3. Cari informasi biaya resminya via website, lalu dari biaya total resmi, ambil spare sekira 300 ribu - 400 ribu untuk selisih biaya teknisi. Saya tidak mau berbaik-baik bahasa di sini. Uang segitu buat mereka berbagi. Untuk sekuriti, bagian playmaker yang menangkap peluang dan membaginya ke teknisi. Bagian administrasi yang mengeluarkan nomer registrasi secepat kilat. Uang gorengan buat sesama rekan teknisi - bagi-bagi rezeki. Dan (mungkin) baru dibawa pulang untuk anak dan isteri. Namanya bisa seseran, lokak ataupun rezeki budak. Setdah.. 
  4. Jangan mau setor uang tunai langsung. Pastikan biaya resminya kita sendiri yang setor. Uang besar, godaannya juga besar. Melarikan uang jutaan rupiah, sepertinya lebih menarik. Apalagi gaya hidup setan biasanya butuh biaya operasional besar. Nyabu maksud saya.  
  5. Tunggu kepastian nomor registrasi baru selesaikan transaksinya 

Disclaimer
Jujur ya, saya menuliskan semua ini tidak ada kebanggaan sama sekali. Soalnya, di negeri para bedebah, jujur adalah sebuah kenaifan dan mengikuti aturan adalah BANCI!


Mau diskusi? Sok atuh di kolom komentar.. 


Tabik.

0 komentar:

Posting Komentar